Selasa, 17 Mei 2011

Prediksi Gempa Di Jakarta Dan 5 Tanda Gempanya

Prediksi Gempa Di Jakarta Dan 5 Tanda GempanyaTerkejut juga melihat berita di TV .tentang prediksi gempa yang akan terjadi di Indonesia khususnya di Jakarta.Sumber berita tersebut adalah dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mensinyalir Jakarta dan sekitarnya di prediksi akan digoyang gempa berkekuatan 8,7 Skala Richter.

Salah satu Ahli Gempa LIPI, Dani Hilman mengatakan, pusat gempa berkekuatan
8,7 SR berada di Selat Sunda, bahkan menurutnya potensi kekuatan gempa bisa diatas 8,7 SR.

"Potensinya ada, tapi kita belum bisa mengatakan secara detail karena ini masih dalam penelitian kita jadi datanya sekarang masih sedikit," tegasnya saat berbincang dengan okezone (16/5/2011).

Apa yang dikatakannya bukan tanpa alasan, selain sedang melakukan penelitian, Dani mengatakan Selat Sunda merupakan terusan dari Mentawai yang sudah lebih dulu diguncang gempa. "Slat Sunda merupakan terusan dari Mentawai, tapi nanti akan kita kaji lebih dalam lagi," paparnya.

Dia mengatakan tujuannya melakukan penelitian untuk mengetahui kemungkinan terjadinya gempa, selain itu agar pemerintah dan masyarakat bisa bersiap mengantisipasi kemungkinan tiba-tiba terjadi gempa. "Jadi sebelum terjadi kita sudah harus siap, jangan tiba-tiba terjadi kita kaget," ujarnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden Bidang Sosial dan Bencana Andi Arief juga mengatakan hal yang sama, Jakarta berpotensi diguncang gempa berpotensi tsunami skala sampai 8,7 SR.

"Jakarta menyimpan potensi, berpusat di Selat Sunda. Dahulu ada pelepasan energi yang sangat besar di sana, sehingga ada gempa besar 8,7 SR di jakarta. Saat ini sedang kita modelling," katanya di Jakarta kemarin.
Prediksi Gempa Di Jakarta Dan 5 Tanda Gempanya
gp-ansor.org (ilustrasi

Ini dia 5 Tanda-Tanda Gempa Bila akan terjadi :
Tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nanti. Semua hanya prediksi. Namun tidak ada salahnya untuk tetap waspada terhadap bencana alam tersebut. Setidaknya, dengan mengenali tanda-tanda akan terjadinya gempa, kita menjadi lebih siap untuk mengantisipasinya. Berikut beberapa tanda-tanda Gempa untuk Anda perhatikan terkait dengan terjadinya gempa.

Perhatikan langit
Bila akan terjadi gempa, biasanya ada tanda-tanda yang bisa dikenali kalai kita memandang ke langit. Adanya awan yang berbentuk seperti tornado, seperti pohon, seperti batang yang bentuknya berdiri, itu menandakan akan adanya gempa. Bentuk awan-awan yang aneh ini terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis berkekuatan hebat dari dasar bumi. Gelombang tersebut menghisap daya listrik di awan sehingga bentuknya seakan tersedot ke bawah. Gelombang berkekuatan besar itu sendiri terjadi akibat patahan atau pergeseran lempeng bumi.

Lakukan uji medan elektromagnetis
Gelombang elektromagnetis yang dihasilkan dari proses patahan atau pergeseran ini memang satu hal yang mungkin masih bisa kita deteksi dengan hal-hal sederhana yang ada dalam ruangan kita. Seperti kita ketahui, gelombang elektromagnet ini dapat mempengaruhi beberapa instrumen-instrumen tertentu. Paling sederhana yang bisa kita perhatikan saat gelombang ini muncul adalah pesawat televisi atau mesin fax. Pernahkah Anda perhatikan saat Anda menonton televisi kemudian layar menjadi buram akibat ada frekuensi telepon genggam yang masuk? Nah, saat gelombang elektromagnet ini muncul pun kurang lebih bagitu reaksinya dan mungkin lebih hebat. Televisi akan terlihat buram dan brebet-brebet. Sementara alat lain seperti mesin fax juga akan menunjukkan sorot lampu blinking meskipun sedang tidak transmit. Hasil yang diterima biasanya akan muncul dalam keadaan berantakan.

Selain itu, hal lain yang bisa terjadi saat gelombang elektromagnetik maha dahsyat muncul adalah terganggunya aliran listrik. Jangan terkejut ketika listrik sudah Anda matikan namun lampu neon tetap menyala redup atau tampak remang-remang. Ini karena pengaruh dari gelombang tersebut. Jika hal-hal tersebut terjadi ada, kemungkinan gelombang elektromagnetik sedang terjadi namun tak dapat dirasakan oleh manusia.

Perhatikan tingkah laku hewan
Meskipun hewan tak berakal namun instingnya akan bahaya lingkungan cukup kuat. Lantaran hewan hidupnya sangat tergantung dari alam, tak heran jika instingnya melebihi manusia untuk mengetahui apa yang sedang terjadi dengan alam ini. Selain itu, insting hewan biasanya lebih tajam dan peka terhadap gelombang elektromagnetik. Cobalah perhatikan tingkah laku hewan saat Anda mencurigai ada yang tidak beres dengan alam ini. Hewan sering kali menunjukkan tingkah laku aneh seperti ketika menghilang, ataupun gelisah ketika hendak ada bencana.

Perhatikan permukaan air
Gempa sering kali diawali dengan gerakan dari bawah permukaan tanah. Karena gerakan ini, biasanya air permukaan cenderung bergerak ke bawah sesuai dengan sifatnya yaitu mengalir ke tempat yang lebih rendah. Oleh karena itu, jika terjadi patahan atau pergeseran biasanya air secara tiba-tiba menjadi surut.

Evakuasi
Jika Anda sudah melihat keempat tanda tersebut dalam waktu bersamaan, segeralah Anda mengevaluasi diri. Karena keempat tanda tersebut kemungkinan besar menendakan akan terjadi gempa dengan SR yang cukup tinggi. Meskipun awan gempa bentuknya aneh dan bisa Anda perhatikan, tapi awan tersebut tidak bisa memastikan kapan tepatnya gempa akan terjadi. Sehingga, jangan tunggu sampai gempa benar-benar menggetarkan Anda, segeralah untuk mengambil tindakan supaya tidak terjadi hal paling buruk yang tidak diinginkan.

Dan Terakhir Banyak-banyaklah berdoa sebagai penolak bencana,ini sebenarnya agar kita lebih dekat dengan yang Maha kuasa dan bertobat atas segala yang kita buat selama hidup ini,semoga Gempa ini tidak terjadi Amiiiinnn..!
(Genie/Genie/tty)
(teb)

Sumber okezone.com/Berita duniamaya

1 komentar:

  1. wah harus semakin hati-hati terhadap tanda bencana alam nih, karena berbahaya juga jika terjadi, tapi sekarang kan sudah ada mesin pendeteksi gempa

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar anda..agar blog saya lebih bagus lagi mohon sarannya terima kasih sudah berkunjung..BLOG INI DOFOLLOW!!Salam ,Mohon Jangan SPam Ini untuk Backlink Anda Sendiri Nantinya.
Admin : Berita DuniaMaya
Nanti Saya akan berkunjung Ke Blog Sobat sooN !!!